Cara Mengatasi Gigitan Tungau Secara Alami

Cara Mengatasi Gigitan Tungau Secara Alami. Tungau, dikenal juga jadi berry bug (hama penghisap buah), tungau panen atau tungau merah, adalah tungau merah kecil yang masuk dalam keluarga arakhnida. Menangani gigitan tungau tidak susah walau rasa gatalnya tidak segera hilang saat itu juga.

Tungau ini umumnya diketemukan diluar ruang, terlebih di lapangan rumput, rimba serta daerah yang sedikit lembab samping danau serta sungai. Cakar kecilnya sangat mungkin mereka untuk menempel erat pada manusia serta hewan.

Karna tungau kecil ini cuma dapat diliat dengan kaca pembesar, susah untuk lihat mereka dengan mata telanjang serta menghindar gigitannya.

Kamu mungkin saja tidak paham kapan tungau menggigitmu. Tetapi, tanda mulai tampak dalam sebagian jam. Tanda yang paling umum termasuk juga rasa gatal, bengkak, ruam serta tonjolan merah pada kulit.

Dalam umumnya masalah, gigitan tungau tidak beresiko untuk kesehatan. Tetapi, gigitan itu mengakibatkan tidak nyaman serta bahkan juga dapat susah untuk tidur. Tungau umumnya menggigit di sekitaran pinggang, pergelangan kaki atau lipatan kulit.

Diperlukan sekitaran 1 hingga 3 minggu untuk gigitan tungau untuk pulih. Untuk mengontrol gatal, nyeri serta pembengkakan untuk sesaat, kamu dapat coba sebagian obat rumahan sederhana untuk menangani gigitan tungau.

Catatan : Jauhi menggaruk daerah yang terserang, karna dapat mengakibatkan infeksi. Bila infeksi berkembang, perlu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tersebut disini 10 langkah untuk menangani gigitan tungau.

Menangani gigitan tungau dengan mandi air panas

Sesudah kamu sadar digigit oleh tungau, garis pertama pertahanan yaitu mandi air panas. Mandi air panas juga akan melemahkan tungau apa pun pada badanmu serta juga akan meminimalisir reaksi kulit dari gigitan.
– Pakai sabun antiseptik enteng serta gosok badan dengan lembut secara detail saat mandi.
– Sesudah mandi, tepuk badan sampai kering secara detail dengan handuk lembut. Janganlah sangat semangat waktu menggosok-gosok badan, karna dapat mengakibatkan ruam serta rasa sakit.
– Berikan sedikit minyak zaitun atau pelembab enteng untuk melindungi kulit supaya tetaplah lembap.

Catatan : Janganlah pakai air yang begitu panas untuk mandi. Juga, yakinkan untuk membersihkan bajumu di air panas.

Pakai Vicks vapor rub sesudah mandi

Sesudah mandi dengan air panas, langkah selanjutnya yaitu untuk mencari botol vicks vapor rub (semacam obat gosok seperti balsam atau salep).

Product yang seringkali berada di almari obat ini dapat akhiri gatal karena gigitan tungau secara cepat. Mentol pendingin di dalamnya kurangi gatal dengan memengaruhi reseptor gatal pada kulit. Bahkan juga juga akan kurangi resiko lecet.
– Ambillah sedikit vicks vapor rub serta berikan sedikit garam meja ke dalamnya.
– Campur sampai rata serta lalu berikan ke daerah yang terserang.
– Ulangilah sekali lagi bila ada peradangan serta pembengkakan, bila tidak kamu tidaklah perlu mengulanginya.

Menangani gigitan tungau dengan kompres dingin

Kompres dingin dapat menolong kurangi rasa gatal yang terkait dengan gigitan tungau. Dampak mati rasa dari kompres dingin menolong kurangi sensasi gatal.
– Bungkus sebagian es batu dengan kain tidak tebal. Pakai kompres ini pada gigitan sepanjang 10 menit. Istirahat serta ulangilah bila dibutuhkan untuk kurangi rasa gatal.
– Merendam daerah yang terserang di air dingin dapat juga menolong memperingan gatal. Ulangilah sekedarnya.

Berendam dalam kombinasi baking soda

Baking soda yaitu obat beda yang efisien untuk kurangi ruam dan gatal-gatal. Baking soda berperan jadi penetral asam alami yang menolong kurangi rasa gatal. Bahkan juga kurangi resiko infeksi.
– Berikan 1 cangkir baking soda kedalam bak mandi penuh dengan air dingin. Aduk rata serta lalu berendam di air sepanjang 15 menit. Tepuk sampai kering dengan handuk lembut. Kerjakan langkah tersebut sekali satu hari.
– Atau, sediakan pasta tidak tebal 2 sendok teh baking soda serta sedikit air. Berikan pasta pada daerah yang terserang. Biarlah sepanjang sekitaran 10 menit, lalu basuh dengan air dingin. Janganlah memakai obat ini lebih dari 1x atau 2 x dalam satu hari.

Catatan : Janganlah pakai baking soda pada kulit rusak atau luka terbuka.

Menangani gigitan tungau dengan oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan sifat anti-iritasi, anti-inflamasi serta penenang yang memberi pertolongan instan dari gatal-gatal, satu diantara tanda umum dari gigitan tungau.

Dianjurkan untuk memakai oatmeal koloid (gandum yang digiling jadi bubuk yang begitu halus).
– Berikan 1 cangkir oatmeal koloid kedalam bak mandi yang berisi air suam-suam kuku.
– Aduk secara detail untuk menolong butiran menyebar dengan rata.
– Berendam di air ini untuk paling tidak 15 hingga 20 menit.
– Ulangilah 2 atau 3 kali satu hari, bergantung pada beratnya tanda.
Rumahan untuk Mengobati Ruam Kulit

Berikan lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan sifat anti-inflamasi yang begitu baik yang dapat menolong kurangi pembengkakan, peradangan serta nyeri. Kandungan vitamin E nya menolong melindungi kulit tetaplah lembap, yang setelah itu kurangi gatal.
– Ekstrak gel dari daun lidah buaya serta berikan pada daerah yang terserang. Biarlah sepanjang 15 menit, lalu basuh dengan air hangat. Pakai langkah tersebut 2 atau 3 kali satu hari.
– Alternatif lain yaitu dengan mencampurkan sebagian tetes minyak peppermint serta minyak zaitun kedalam 1/2 cangkir gel lidah buaya fresh. Berikan kombinasi ini pada daerah yang terserang. Biarlah sepanjang 15 hingga 20 menit, lalu basuh dengan air hangat. Ulangilah 2 atau 3 kali satu hari.

Berikan minyak zaitun pada kulit yang terserang iritasi

Minyak zaitun dapat juga dipakai untuk meredakan iritasi serta peradangan. Minyak esensial ini kaya vitamin E serta anti-oksidan yang kurangi gatal serta memudahkan pengobatan.
– Sesudah mencuci daerah yang terserang dengan air, berikan sedikit minyak zaitun di atasnya. Berikan kembali sekian kali satu hari.
– Atau, sediakan pasta minyak zaitun serta madu dengan jumlah yang sama. Berikan pada daerah yang terserang sekian kali satu hari hingga pulih seutuhnya.
– Alternatif lain yaitu dengan mencampurkan sebagian tetes tea tree oil kedalam 1 sendok makan minyak zaitun, serta memoleskannya pada daerah yang terserang. Ulangilah sekian kali satu hari.

Panduan penambahan untuk menangani gigitan tungau

– Karna musim panas serta musim gugur yaitu saat biasanya berlangsung gigitan tungau, baiknya bertindak mencegah yang dibutuhkan saat juga akan ke daerah rimba.
– Saat mendaki, jauhi bersentuhan dengan vegetasi.
– Gunakan pakaian lengan panjang serta celana panjang waktu juga akan keluar ke rimba.
– Berikan obat nyamuk di tangan serta kaki sebelumnya pergi.
– Jauhi hasrat menggaruk untuk menyingkirkan gatal-gatal, karna dapat mengakibatkan infeksi.
– Kamu dapat juga memakai lotion calamine,  obat jamur kulit, atau listerine obat kumur untuk menangani gatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *